Situ Patenggang, Wisata Danau Eksotis di Bandung

Situ Patenggang, Wisata Danau Eksotis di Bandung Bandung memang surganya wisata alam terutama wisata di daerah pegunungan. Lokasinya di dataran tinggi memang menjadi nilai plus tersendiri dalam menghadirkan berbagai tempat wisata menarik. Situ Patenggang adalah destinasi yang patut anda sambangi. Danau cantik ini memiliki lokasi unik karena berada di dataran tinggi. Jadi selain berlibur di kawasan danau, anda pun akan menikmati indahnya pemandangan dataran tinggi sekaligus. Panorama alam di kawasan wisata ini memang begitu menakjubkan.

Hal ini juga ditambah dengan banyaknya fasilitas dan sarana pendukung yang sudah sangat lengkap. Daerah Situ Patenggang memang masuk ke kawasan dataran tinggi. Namun secara akses sudah sangat mudah. Ditambah lagi banyaknya tempat wisata di sekitarnya makin membuat daya tarik wisatawan makin tinggi. Bagi yang hendak liburan di daerah yang menyenangkan dan tenang, anda bisa merencanakan agenda kali ini ke Situ Patenggang. Berikut ini ulasan tempat wisatanya.

Destinasi Wisata Situ Patenggang

Situ Patenggang, Wisata Danau Eksotis di Bandung

    Legenda yang sangat terkenal

    Di balik indahnya panorama Situ Patenggang, terdapat sebuah legenda yang dipercaya sebagai asal usul danau cantik ini. Dulunya Situ Patenggang dipercaya tercipta karena permohonan Dewi Rengganis untuk dibuatkan sebuah danau dan perahu. Perahu tersebut digunakan untuk berlayar bersama Raden Santang. Banyak yang percaya jika pulau yang ada di tengah danau adalah perwujudan dari perahu tersebut. Legenda inilah yang turut memperkuat daya tarik wisatawan dan sampai sekarang masih dipercayai masyarakat sekitar.

    Daya tarik

    Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 mdpl. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri karena seolah seperti surga tersembunyi di dataran tinggi. Suhu udaranya amat sejuk dengan suasana yang tenang karena lokasinya jauh dari keramaian. Hamparan kebuh teh yang mengelilinginya juga makin menambah daya tarik wisata. Pengunjung bisa mengelilingi kawasan danau sampai berkemah untuk pengalaman liburan kian mengesankan. Aneka spot foto Instagramable juga tersedia sebagai pelengkap daya tariknya.

    Fasilitas dan tiket masuk

    Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Tiket masuknya sekitar 18.000 rupiah untuk hari Senin-Jumat. Sedangkan akhir pekan sebesar 25.000 rupiah. Sedangkan untuk turis asing hari biasa 135.000 rupiah dan 185.000 untuk akhir pekan. Tiket tersebut belum termasuk karcis parkir sebesar 3.500 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 11.500 untuk kendaraan roda empat. Anda bisa menjumpai toko souvernir, gazebo, area parkir luas, sampai cafe-cafe dengan konsep unik. Penginapan di sekitarnya pun cukup memadai dengan berbagai macam tipe.

    Lokasi dan rute

    Situ Patenggang berada di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patenggang, Kecamatan Ciwidey. Wisata terkenal ini masuk ke kawasan Bandung Selatan, dekat dengan Kawah Putih, Glamping Lakeside Ranbali serta Ranca Upas. Berada di dataran tinggi membuat udara di sekitarnya amat sejuk dan memanjakan mata melalui pemandangan di sepanjang perjalanannya. Jika ditempuh dari Kota Bandung, maka lewati Jalan Raya Kopo kemudian menuju Marahayu sampai Soreang. Setelah itu arahkan perjalanan ke Alun-Alu Ciwidey. Lanjutkan perjalanan lurus dengan mengikuti papan petunjuk untuk sampai di kawasan wisata.

    Demikian ulasan tentang Situ Patenggang yang menarik sebagai destinasi liburan anda di kawasan Ciwidey, Bandung. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.