Panduan Memulihkan Akun LinkedIn yang Terkunci 2FA

Afid Arifin - cara memulihkan akun LinkedIn yang terkunci | LinkedIn merupakan salah satu platform media sosial khusus bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan maupun magang.

Aplikasi Linkedin

Jika Anda merupakan seseorang yang sedang mencari pekerjaan, LinkedIn menjadi pilihan tepat karena memiliki beberapa manfaat.

Di antara manfaat memiliki akun LinkedIn adalah meningkatkan potensi dilirik oleh HRD, meriset perusahaan yang diminati dan menambah portfolio pekerjaan kita.

Apa Penyebab Akun LinkedIn Terkunci 2FA?

Apa penyebab akun LinkedIn bisa sampai terkunci oleh 2FA? Beberapa sebab akun LinkedIn terkunci 2FA adalah sebagai berikut.

  1. Email sudah tidak aktif.
  2. Nomor ponsel tidak aktif.
  3. Login di perangkat baru.

Jika Anda login di perangkat baru sedangkan nomor ponsel dan email sudah tidak aktif maka bisa dipastikan kita tidak bisa login kembali kecuali kita meminta bantuan dari pihak LinkedIn.

Cara Pulihkan Akun LinkedIn yang Terkunci 2FA

Bagi Anda yang memiliki masalah seperti tidak bisa login maka saya sudah membuatkan tutorial memulihkan akun LinkedIn yang terkunci dengan mudah. Silahkan ikuti step by step dengan baik.

  1. Silahkan buat tiket baru dengan menghubungi via email linkedin_in@cs.linkedin.com bantuan LinkedIn dengan subjek Verifikasi Dua Langkah - Akun Terkunci atau bisa juga dengan cara klik di sini.
  2. Pada email tersebut, silahkan isi maksud dan tujuan Anda yaitu ingin memulihkan akun LinkedIn yang tidak bisa diakses.
  3. Pastikan pesan Anda berisi keterangan bahwa email dan nomor Anda tidak dapat diakses.
  4. Setelah Anda mendapatkan email balasan dari LinkedIn pada tiket Anda, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi identitas diri Anda. Bisa berupa KTP/SIM/PASPOR (untuk di luar US) dan Notaris (di US).
  5. Karena kita di Indonesia, kita cukup melampirkan scan KTP dan nomor serta email pengganti yang baru untuk mereset kata sandi baru.
  6. Tunggu beberapa saat hingga link konfirmasi reset kata sandi dikirimkan lalu resetlah kata sandi Anda dalam 24 jam.
  7. Selesai.

Apakah KTP kita aman? Tentu aman karena KTP atau identitas pribadi yang telah dikirimkan akan otomatis terhapus otomatis dalam 7 hari.

Agar proses semakin cepat, pastikan Anda meminta bantuan pemulihan akun di hari kerja. Karena di luar hari kerja akan lama prosesnya.

Berdasarkan pengalaman saya, kemarin saya baru memulihkan akun LinkedIn dalam 4 hari karena di luar hari kerja.

Penutup

Bagaimana? Apakah masih bingung memulihkan akun LinkedIn. Ya, setidaknya pihak LinkedIn akan melakukan verifikasi permintaan pemulihan terlebih dahulu.

Hal ini mutlak demi keamanan bahwa yang melakukan permintaan adalah benar-benar Anda. Ingat, pastikan Anda melakukan pemulihan di hari kerja LinkedIn ya.

Sekian dari saya, semoga apa yang saya bagikan berdasarkan pengalaman saya ini dapat bermanfaat untuk orang lain.