Cara Berbisnis Online Untuk Pemula

Ok Guys. Di artikel ini saya bakal ngomongin tentang "Cara Bangun Bisnis Online dari Nol Untuk Pemula". Sebenarnya saya cuma pengen ngomongin beberapa konsep atau teori yang kalian harus pelajarin dulu, tapi ini berdasarkan pengalaman saya pribadi Saya tuh menggunakan business planning ini, atau menentukan komponen-komponen bisnis ini berdasarkan pengalaman saya Soalnya banyak banget tuh orang- Mungkin orang lain ngajarinnya lebih ke business plan, executive plan Sampai ke business model dan lain-lain. Ada yang mulai planning lewat business model canvas, dan lain-lain Menurut saya, cari paling the best buat business dari NOL adalah Keep the planning very simple. 

Apalagi di zaman sekarang Mungkin di zaman dulu, bisa kita bikin dari nol dengan bisnis planning dari A sampai Z Sampai proposal kita ready, sampai fund-nya kita ready, Baru kita eksekusi. Tapi mungkin di sini approach-nya saya adalah gimana cara kita bisa ngebangun bisnis dari nol dengan planning seminimal mungkin Karena eksekusi bisnis yang akhirnya bikin kita sukses, adalah... Eksekusi bisnis yang kita lakuin secara cepat, dan kita dapetin feedback, dan kita ulangi terus Jadi itu Disclaimer di bagian awal tentang "teori" atau apa yang udah saya pelajari tentang Membangun bisnis dari Nol. Dan menurut saya, planning yang simple ini pun bisa dipake untuk ngebangun bisnis yang nilainya ratusan bahkan milyaran.



CARA PERTAMA

Oke, yang pertama tuh kita harus bahas "Apa itu bisnis?" Kalau secara definisi, bisnis adalah organisasi untuk mencari profit dengan menjual jasa atau produk Jadi sebenarnya kata kuncinya di sini tuh ada tiga Organisasi, profit, jasa/produk Tapi di video sebelumnya jg saya sebenarnya udah bahas, bisnis itu bukan bisnis kalau kita gak punya organisasi Misalnya kalau kita content creator, atau kita nge-freelance Itu agak susah untuk kita bilang bisnis Karena itu lebih ke self-employment karena kita menjual diri kita sendiri Nah konsep itu sebenarnya bisa dipake juga kalau misalnya kita mau membangun perusahaan yang suatu hari perusahaan itu bisa dijual Nah mungkin kalian bisa liat di video yang saya udah shoot sebelumnya yaitu "50 milyar pertama tentang konsep Equity dari sebuah bisnis" Mungkin rata-rata di sini udah taulah apa itu bisnis Misalnya kebayang lah misalnya kita ngebangun restoran yang ada karyawan, ada waiter-nya Kita ngebangun agensi, ada developernya, ada desainernya Atau ide bisnis yang kita jualan barang yang kita bikin sendiri.

Misalnya kayak, shotout kemarin saya podcast sama Erika Misalnya bikin Painbane 6 Rikit Tapi step-by-step nya tuh apa gimana cara kita bikin bisnis dari nol Sebenarnya paling simplenya, step satunya itu kita perlu ide Kita perlu tahu kita mau bangun bisnis apa Mungkin di video lain saya bisa bahas motivasi bisnis tentang nentuin why-nya, apakah bisnis passion saya Tapi ini spesifik untuk kalian yang udah tahu "saya mau berbisnis" Nah kalau kita mau ngomongin komponen bisnis, di business model canvas tuh sebenarnya banyak komponen bisnis Tapi selama ini tuh akhirnya saya simplify ke 3 doang Produk, marketing, dan operation Nah kita bakal bahas komponen ini satu-satu dan apa sih hal penting yang harus diperhatiin kalau kita gak planning tiga hal ini. Yang pertama tuh produk. Setiap bisnis tuh harus ada offer Sebenarnya kata yang lebih tepat tuh Offer, apa yang kita tawarkan ke orang Produk itu sendiri ada dua kategori; Goods dan services Goods itu bisa bentuknya barang fisik, misalnya kalian jual makanan, jual barang Sedangkan, services itu dalam bentuk jasa, misalnya kalian jual jasa desain atau jasa apa Keduanya itu fine-fine aja, tapi kebetulan journey karir saya itu dengan mendalami jasa Saya sama sekali hampir gak pernah ngejual barang dari saya lahir Sampe proyek terakhir, yang saya closing senilai 4M itupun bentuknya jasa Nah kalau misalnya kita bahas produk, yang penting tuh kita tahu offer yang kita tawarin ke orang mungkin bisa dibeli Gak perlu nunggu perfect, gak perlu nunggu kayak harus yakin bahwa in bakal laku yang penting mungkin dulu Dan misalnya kalau saya disuruh pilih untuk nentuin satu hal yang diperhatiin dari aspek produk adalah yang namanya Unit Economics Again. 

CARA KEDUA

kata kunci dari bisnis itu yang kedua adalah mencari profit Unit Economics, atau bahasa simple-nya mungkin ada orang yang bilang Harga Modal Mau bentuknya barang atau jasa. Misalnya kita ngejual makanan seharaga 10 ribu Kita harus pastiin harga modalnya itu di bawah 10 ribu Misalnya 5 ribu, misalnya 4 ribu Nah Unit Economics ini yang nantinya menentukanke depannya itu bisnis kalian tuh bisa Profitable, bisa gede atau nggak. Contohnya kalau misalnya kita ngejual makanan seharga 100 ribu Terus modalnya tuh 40 ribu Nah bahasa kasarnya makanan itu punya 40% COGS atau (Cost of Goods Source) Harga yang harus dibayar untuk menjual barang itu Kenapa Unit Economics ini penting, mungkin kita bisa dengan gampang- Ini kita mau jual barang harganya 10 ribu, modalnya 8 ribu Untung 2 ribu, okelah gitu nanti kita jual 100-200 Unit Economics ini ngenbantu kita untuk punya ruang bermain. Seandainya kita punya barang, kalau modalnya misalnya 40% Nanti kita bisa alokasi ke depannya, 20% itu nanti buat operation, atau bayar orang 20% itu digunain untuk marketing, 20% itu digunain untuk apa?

Nah rincian dari breakdown product ini sebenarnya itu yang saya perhatiin dari Unit Economics Even dari pertama saya ngebangun Ternak Uang, saya tuh pastiin kalau misalnya kita jual kayak gini Apasih cost-costnya? Biar kita tuh ada ruang buat grow Kita bisa taruh 30% buat marketing, buat grow Kalau misalnya margin-nya tuh udah tipis banget, biasanya tuh udah susah buat company kita bisa grow. Nah sebenarnya itu singkat tentang produk Kita siapin produk mau barang atau jasa, tentuin Unit Economics Step 2 adalah Marketing Marketing itu basically kita ngejual, bener nggak? Ini aspek krusial kalau di early stage business atau bisnis yang baru mulai Menurut saya, marketing tuh lebih penting daripada produk Karena di saat kita menjual, kita langsung dapat feedback dari customer. 

Misalnya kita ngejual sesuato seharga 50 ribu, nanti customer bilang ke kita Oh ini produknya bagus, saya bakal beli lagi atau saya gak bakal beli lagi Dan itu sebenarnya yang palng berharga buat kita improve product kita Karena bisa aja kita mikir kayak produknya tuh bagusnya di sini, kira-kira customer butuh ini Tapi yang paling relevan adalah kalau customer yang bilang sendiri ke kita, "Kita butuh ini" Sebenarnya di video sebelumnya, saya udah bahas Marketing itu ada dua basically Inbound sama Outbound Inbound itu kayak kalian buka Store Front. Kalian buka social media, kalian ngelakuin advertising Kalian pake brosur dan lain-lainnya Outbound itu kalian yang contact. Misalnya kalan udah bikin bisnis makanan nih Kalain contact teman kalian "eh mau beli nggak?" Jadi kita kejar mereka untuk beli produk kita Mungkin di video lain bisa bahas lebih detail tentang product and marketing.

CARA KETIGA

Tapi step ketiga dari bisnis adalah Operations Setelah kita udah tahu kita mau jual produk apa Kita mau, gimana cara jualnya Yang ketiga tuh, operation. Gimana cara kita maintain atau biarkan bisnis ini beroperasi Satu kata kunci yang paling penting di sini adalah Pas kita ngebangun bisnis, tadi kan salah satu definisinya adalah organisasi Pastikan tuh kalian nggak berjalan sendiri Pastikan setiap ada proses membuat produk atau misalnya menjual produk. Kalian tuh mikirnya gimana cara bikin sistem. Kalau misalnya di awal-awal gak ada modal buat hire orang Gak masalah, tapi kita harus selalu punya mindset "Bisnis itu organisasi yang mencari profit dengan menjual brang". Dan operation ini yang harus ditanemin untuk orang yang baru memulai bisnis atau bahkan udah 1-2 tahun.

Karena kita bisa dengan gampang terjebak di loop kita bakal kerja sendiri-kerja sendiri, akhirnya bisnisnya gak grow Karena ini yang bisa menentukan potensi kita ngembangin bisnis kita bisa sampai di mana Sebagai business owner, saya punya rule untuk gak mau spend 80% dari waktu saya untuk operation Kalau misalnya ada hal-hal yang saya bisa hire orang, atau bikin proses atau bikin itu automate Untuk ngejalanin bisnis Saya bakal hire Walaupun output-nya gak 100% kayak saya 70% tuh udah saya bisa terima Karena kalau misalnya kita bisa luangin waktu kita Kita bisa spend banyak waktu untuk mikirin how to improve the business Gimana cara improve products-nya, gimana cara perbaiki Unit Economics-nya Gimana cara menjual dengan lebih banyak?

Nah sebenarnya simple-nya untuk memulai bisnsi dari nol tuh cuma ada 3 bagian itu doang Produk - Marketing - Operation Ini jujur videonya udah agak lama, saya biasanya gak bikin segini lama Tapi ini kan lebih practical untuk kalian memulai step 1 dalam membangun bisnis Yaitu dari planning Biar orang tuh gak misconception, saya harus planning terlalu banyak, harus buat executive plan Bikin executive plan, bikin business model canvas Dan setelah dari planning, yang paling penting adalah Kita bikn produk secepat mungkin atau namanya MVP (Minimum Variable Product) Lalu kita jual secepat mungkin, gak apa-apa customernya cuma 2-4 Kita dapetin feedback dan kita ulangi terus-menerus Itu cara kita ngebangun bisnis dari nol. Bahkan bisa sampai ratusan juta atau bahkan milyaran.