Laptop Anda Hang? Berikut Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Afid ArifinCara Atasi Laptop atau Komputer Hang dengan Shortcut, Laptop merupakan barang yang wajib dimiliki seseorang yang memiliki produktivitas tinggi seperti mahasiswa dan pekerja.

image : pixabay

komputer hang


Ketika kita memiliki laptop, selain kemudahan yang kita dapatkan terkadang juga beberapa masalah juga kerap menghampiri kita.

Terutama jika laptop yang kita gunakan sudah cukup tua digunakan dan dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat yang pada akhirnya kinerja akan hang.

Bahkan, laptop baru pun yang notabennya masih memiliki kinerja bagus pun juga kerap mengalami laptop hang ketika digunakan untuk mengerjakan beberapa pekerjaaan sekaligus.

Cara Memperbaiki Laptop Hang dengan Mudah

Ketika laptop sedang hang biasanya beberapa fungsi terutama tombol dan layar tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Bahkan ketika Anda mencoba reboot laptop Anda maka tidak bisa dilakukan. Namun jangan khawatir dahulu.

Ketika Anda sedang tidak bisa melakukan reboot secara normal, Anda bisa melakukan reboot dalam kondisi hang ini dengan cara menekan kombinasi CTRL + Windows Key + Power.

Setelah Anda menekan tombol tersebut, dalam beberapa saat layar pada laptop Anda akan mati yang menandakan bahwa laptop Anda sedang melakukan reboot.

Tunggu hingga beberapa detik, biasanya hanya memerlukan waktu 5-10 detik. Jika dalam rentang waktu tersebut laptop Anda tidak nyala kembali maka langsung saja menekan tombol power pada laptop Anda.

Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai dan pastikan laptop Anda jangan sampai mati ketika dalam proses reboot ulang. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang diinginkan terjadi pada laptop Anda.

Apakah Proses Ini Aman?

Sejauh ini ketika saya menggunakan cara ini ketika laptop saya hang tidak mendapatkan kendala apapun. Jadi, menggunakan cara ini sudah pasti aman kok.

Biasanya juga ketika Anda menekan kombinasi di atas akan terdengar bunyi "Klik" beberapa detik setelah tombol ditekan. Mungkin setiap laptop akan berbeda atau bahkan tidak ada bunyi sekalipun.

Penutup

Nah, itulah cara ringkas mengatasi laptop hang dengan mudah tanpa perlu masuk BIOS segala macam. Selamat mencoba dan cara ini dijamin aman dan Anda tidak perlu khawatir data di laptop Anda akan hilang.