Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen

Afid Arifin - Cara bikin Daftar Pustaka Otomatis Di Google Docs Ini merupakan salah satu layanan yang diluncurkan oleh Google untuk membuat dokumen berekstensi doc dan semacamnya.

Jika Anda sudah mengenal Microsoft Word maka cara kerja dari Google Dokumen tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Tentu ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif pengganti untuk Microsoft Word.

Jika Anda membuat dokumen seperti makalah dan sebagainya, daftar pustaka merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Daftar pustaka merupakan bagian yang berisi identitas buku, pengarang buku, tahun terbit dan sebagainya yang disusun secara urut.

Untuk membuat daftar pustaka itu sendiri kita harus menggunakan format resmi yang telah ada dan kita hanya mengikuti apa tersedia.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen

Membuat daftar otomatis di Google Dokumen bukanlah hal sulit. Hampir setiap produk Google dapat kita manfaatkan dengan maksimal. Salah satunya adalah Google Scholar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat daftar pustaka otomatis di Google Dokumen.

  • Silahkan kunjungi Google Scholar terlebih dahulu.
  • Masukkan kata kunci materi yang akan Anda cari seperti berikut ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen

  • Setelah menampilkan beberapa hasil, selanjutnya Anda klik tombol KUTIP seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen

  • Setelah Anda klik maka muncul pop up seperti gambar berikut ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen

  • Silahkan Anda pilih dan copy bagian yang tertera pada bagian yang saya kotaki pada gambar di atas.
  • Jika sudah copy, silahkan Anda masuk ke Google Dokumen lalu pastekan di dokumen Anda. Maka secara otomatis daftar pustaka Anda akan dibuat secara otomatis.
  • Selesai.

Salah satu kelebihan Google Scholar untuk mencari referensi adalah hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kebenaran dari materi yang Anda dapatkan.

Penutup

Nah, itulah cara membuat daftar pustaka otomatis di Google Dokumen. Sebenarnya kita hanya melakukan copy kutipan di Google Scholar.

Setelah kutipan kita copy maka kita menempelkannya ke karya tulis kita di Google Dokumen. Dibandingkan yang lain, cara ini lebih mudah untuk dilakukan.

Sekian dari saya semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda. Khususnya sebagai alternatif pengganti aplikasi Mendeley untuk Microsoft Office Word.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Google Dokumen"