Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Memori Agar Tidak Cepat Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Afid Arifin - Cara Membersihkan Memori Eksternal / Internal HP, Kenapa memori cepat penuh padahal aplikasi masih sedikit? Pertanyaan tersebut kerap sekali dilontarkan oleh pengguna smartphone, khususnya untuk para pengguna Android.

image : pexels

storage eksternal


Tidak dipungkiri karena memori menjadi tempat untuk menyimpan berbagai hal seperti foto dan sebagainya. Meskipun kecil, keberadaan memori sangatlah penting bagi ponsel.

Jenis-jenis Memori Pada Android

Memori pada Android terbagi menjadi dua yaitu memori internal dan memori eksternal.

Memori internal merupakan memori bawaan yang sudah tertanam di ponsel Anda yang kapasitasnya biasanya di era sekarang mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB dan seterusnya.

Memori eksternal merupakan memori tambahan berupa kartu SD yang umumnya memiliki kapasitas yang relatif besar daripada  memori internal.

Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Berikut ini cara mengatasi agar memori pada ponsel Android tidak cepat penuh tanpa perlu menghapus aplikasi.

1. Hindari Menginstall Aplikasi Berat

Ponsel Android menyediakan banyak aplikasi yang berguna untuk kita gunakan sehari-hari melalui PlayStore.

Sehingga tanpa disadari banyak pengguna yang asal install aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga ruang penyimpanan akan cepat penuh.

Saran terbaik agar memori tidak cepat penuh adalah pastikan Anda menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan dalam waktu lama atau install aplikasi yang sekira-kiranya dibutuhkan saja.

2. Membersihkan Cache

Meskipun tujuan cache untuk mempercepat loading aplikasi, akan tetapi jika dibiarkan terus mene
rus maka cache akan menumpuk.

Ukuran cache pada beberapa aplikasi juga bisa menumpuk hingga berukuran lumayan besar bahkan ada yang mencapai 2 GB seperti browser Chrome.

Selain itu, iklan yang muncul pada aplikasi kerap menjadi penyumbang terbesar menumpuknya cache pada ponsel Android.

Jika demikian, Anda dapat menghapus cache secara mudah dengan menginstall aplikasi Cache Cleaner yang banyak tersedia di PlayStore.

3. Memindahkan Data ke Memori Eksternal

Karena ukuran dari memori eksternal terbilang lebih besar dari memori internal ponsel, Anda juga dapat memindahkan data aplikasi ke memori eksternal yang Anda miliki.

Meskipun besar, pastikan Anda perhatikan batas maksimal memori eksternal yang dapat dibaca oleh ponsel Anda. Jika maksimalnya 256 GB maka pastikan memori eksternal Anda tidak lebih dari 256 GB.

 image : pixabay

cloud storage

Penutup

Salah satu alasan beberapa pengguna Android tidak merasa nyaman ketika memori penuh adalah mereka tidak dapat menyimpan data-data penting.

Bahkan, ketika mendownload aplikasi atau game dari PlayStore pun juga akan sering gagal. Pastikan Anda selalu menggunakan aplikasi atau game yang benar-benar diperlukan saja.

Bagus mana memori internal dan memori eksternal pada ponsel? Ternyata kinerja terbaik adalah memori internal yang sudah tertanam secara bawaan di ponsel.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "Cara Agar Memori Agar Tidak Cepat Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi"