Inilah Fungsi dan Cara Cek Sebuah IMEI pada Ponsel

Afid Arifin - Cara Cek Legalitas IMEI dan Fungsinya di Setiap Ponsel | Pernahkah Anda mendengarkan istilah dari IMEI? Ya, IMEI merupakan sederet angka yang berfungsi sebagai identitas sebuah ponsel yang kita miliki.

Cek Imei Ponsel


Pengertian dari IMEI

IMEI merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity berupa nomor yang dikeluarkan sebagai identitas dari sebuah ponsel.

Dari nomor IMEI inilah kita dapat mengetahui apakah sebuah ponsel yang kita pegang itu merupakan produk legal atau illegal yang dapat kita cek secara mandiri.

Seperti halnya pada KTP, setiap ponsel memiliki nomor IMEI-nya masing-masing dan setiap ponsel tidak akan sama. Karena setiap nomor IMEI memiliki komposisi kode serial dan nomor serial yang berbeda setiap ponselnya.

Apa Fungsi dari IMEI?

Meskipun hanya terlihat sebagai angka yang sekilas tidak ada gunanya, namun siapa sangka bahwa nomor IMEI memiliki beberapa fungsi vital pada ponsel kita.

Apa saja manfaat atau fungsi utama IMEI pada ponsel kita? Berikut ulasannya.

1. Mengecek Identitas Ponsel

Salah satu fungsi utama sebuah IMEI adalah sebagai penanda apakah ponsel yang kita beli itu termasuk barang legal atau tidak.

Karena pemerintah sendiri mewajibkan pabrikan ponsel mendaftarkan IMEI pada ponsel produksinya ke pemerintah.

Sehingga keaslian barang yang kita beli lebih terjamin bukan? Pasti di antara Anda tidak mau kan membeli barang yang tidak asli yang didapatkan dari pasar gelap?

2. Melacak Ponsel yang Hilang

Jika Anda mengalami ponsel kesayangan Anda hilang dicuri atau dijabret orang maka Anda tidak perlu panik terlebih dahulu.

Dengan adanya fungsi IMEI kita dapat memblokir ponsel kita loh agar ponsel yang hilang tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain.

Akan tetapi, saya belum tahu persis bagaimana proses pemblokiran ponsel dengan menggunakan IMEI. Menurut info yang beredar bahwa  kita harus menghubungi pihak kepolisian terlebih dahulu.

Cara Cek IMEI pada Ponsel dengan Mudah

Setelah Anda mengetahui beberapa fungsi penting dari sebuah IMEI, kini tiba saatnya kita bahasa bagaimana cara mengecek IMEI ponsel dengan mudah.

1. Via Belakang HP

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan mengecek IMEI pada bagian casing belakang ponsel Anda.

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan karena biasanya pada casing belakang terdapat label yang berisi informasi IMEI Anda.

2. Via Kode Dial

Cara berikutnya yang dapat kita lakukan saat ingin mengecek IMEI ponsel adalah dengan menggunakan kode dial sederhana.

Anda dapat menggunakan kode dial *#06# pada panggilan Anda dan tunggu beberapa saat hingga IMEI Anda muncul di layar ponsel.

3. Via Kemasan Ponsel

Terakhir, Anda dapat mengecek IMEI dengan cara memeriksa kemasan ponsel yang Anda beli. Biasanya IMEI Anda dapat terlihat pada bagian belakang kemasan.

Pada kemasan sudah terlihat rincian lengkap mengenai nomor IMEI 1 dan nomor IMEI 2.

Cara Cek Legalitas Ponsel dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin mengecek legalitas pada ponsel yang kita miliki, kita dapat mengunjungi halaman https://imei.kemenperin.go.id/.

 


 Silahkan Anda masukkan saja nomor IMEI Anda pada kolom yang tersedia lalu klik tombol search. Maka secara otomatis akan menampilkan informasi mengenai status legalitas ponsel Anda.

Penutup

Merupakan hal ideal mencatat nomor IMEI yang Anda miliki sebagai langkah pencegahan dan keamanan agar sewaktu-waktu ponsel kita dicuri maka kita dapat menggunakan nomor IMEI tersebut untuk memblokir ponsel kita.

Oleh karena itu, pastikan nomor IMEI kita tidak jatuh ke tangan orang lain ya dan pastikan di simpan di tempat yang aman.

Demikian artikel pada kesempatan kali ini dan semoga informasi mengenai fungsi IMEI ini bermanfaat untuk para pembaca.