Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Sederhana Cegah Data di Android Anda Dicuri Orang Lain

Afid Arifin - Cara Agar Data di Android Aman, Selain ponsel Android yang harus kita jaga ada hal lain yang harus kita jaga yaitu data yang terdapat pada ponsel Android kita.

image : pixabay

tips keamanan data ponsel

Seperti yang kita ketahui bahwa data dapat berisi informasi pribadi kita, bisa berupa informasi perbankan dan informasi penting pribadi lainnya.

Maraknya kasus pencurian data Android membuat kita harus selalu waspada dan mengetahui bagaimana cara mencegah kehilangan data pribadi sedini mungkin.

Cara Mencegah Data Pribadi Dicuri pada Android

Sebelum hal buruk terjadi pada data pribadi Anda, berikut ini sudah saya rangkum beberapa cara atau tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah data Android dicuri oleh orang lain.

1. Perhatikan Izin Setiap Aplikasi

Pada Android 11 ke atas khususnya kita dapat lebih leluasa mengatur izin aplikasi yang kita gunakan. Izin aplikasi dapat berupa akses ke kontak, akses kamera, akses gallery dan izin lainnya.

Pastikan Anda selalu waspada jika terdapat aplikasi yang terlalu banyak meminta akses izin penggunaan yang tidak wajar.

Misalnya saja Anda membuka aplikasi kamera dan ternyata aplikasi kamera tersebut meminta akses izin masuk ke kontak maka Anda harus waspada.

Bisa saja si pembuat aplikasi kamera tersebut akan menyalahgunakan kontak yang Anda miliki untuk melakukan spam misalnya.

Mengapa ini harus diwaspadai? Secara logika memang aplikasi kamera memerlukan akses ke kontak itu tujuannya apa? Padahal sejatinya itu tidaklah perlu bukan?

2. Gunakanlah Selalu PlayStore

Kesalahan paling umum para pengguna Android yang turut menyumbang besarnya kasus kehilangan data di Android adalah tidak menggunakan toko aplikasi resmi dari Google Play.

Padahal tingkat keamanannya jauh lebih tinggi yang ada di PlayStore meskipun beberapa kasus terkadang juga terdapat aplikasi yang terjangkit virus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena begitu aplikasi yang mengandung malware di PlayStore terdeteksi maka pihak Google akan langsung melakukan tindakan penghapusan.

Semua aplikasi memang tidak 100% ada di PlayStore, namun mengunduh aplikasi atau game via PlayStore jauh lebih aman daripada di luar PlayStore.

3. Perbarui Selalu Perangkat Lunak

Hal ini bagi sebagian orang terkesan sepele, namun efeknya besar terhadap keamanan Android terutama data kita yang ada di dalamnya.

Pastikan Anda selalu memperbarui selalu perangkat lunak aplikasi atau bahkan selalu perbarui Android Anda sehingga resiko kehilangan data pribadi kita  semakin kecil.

Penutup

Secara ringkas cara mencegah data pribadi dicuri oleh orang lain adalah pastikan Anda selalu perhatikan izin akses penggunaan aplikasi atau game, selalu menggunakan PlayStore dan rutin memperbarui perangkat lunak.

Ketiga hal ini mutlak dilakukan secara rutin dan terbukti ampuh untuk melindungi Android Anda. Terutama data yang terhadap data yang ada di ponsel Android Anda.

Demikian tips sederhana cegah data di Android dicuri orang lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "3 Tips Sederhana Cegah Data di Android Anda Dicuri Orang Lain"