Cara Edit Video Kinemaster Untuk Pemula

Aplikasi KineMaster merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit video. Bagi setiap editor yang belajar editing, aplikasi ini sangat cocok digunakan. Hal ini karena cara edit video di KineMaster cukup mudah.

Anda akan temukan banyak fitur pendukung dari aplikasi edit video yang satu ini. Oleh sebab itu bahkan pemula pun bisa dengan mudah menggunakan KineMaster. Seperti apa cara edit video KineMaster, Anda bisa simak tutorialnya berikut!

Cara Edit Video Kinemaster Untuk Pemula

Membuat file project video baru

Sebelum berlanjut ke cara membuat atau mengedit video dengan menggunakan  KineMaster maka Anda harus mengetahui basic dari file project video baru. Sedangkan langkah – langkah untuk membuat file project baru adalah sebagai berikut :

·           Pertama Anda diharuskan untuk mendownload aplikasi Kinemaster terlebih dahulu.

·           Jika sudah didownload maka bukalah aplikasi Kinemaster.

·           Pada laman pertama Anda akan disuguhkan dengan tampilan awal saat hendak membuat video maka pilihlah ikon menu “Create” yang terdapat dibagian tengah seperti gambar di bawah ini.

Memasukkan video ke dalam project

Apabila Anda telah membuat file project, maka langkah selanjutnya Anda akan dibawa masuk ke halaman Edit KineMaster. Pada halaman ini, Anda masih belum bisa melakukan editing karena Anda diharuskan untuk menambahkan video yang akan diedit. Anda bisa memilih video lucu atau video yang Anda sukai lainnya.

Untuk lebih mudah memasukkan video ke dalam project, maka Anda bisa menyimak langkah - langkah berikut :

·         Pada halaman edit KineMaster, terdapat opsi Media sehingga pilihlah opsi tersebut. Ketika opsi terbuka maka Anda akan diarahkan ke halaman yang mencakup galeri penyimpanan foto dan video Anda.

·         Pada halaman tersebut, Anda bisa memilih file video yang ingin diedit.

·         Jika video yang ingin Anda edit sudah ditemukan maka Anda bisa menekan ikon centang yang terdapat di pojok kanan atas. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Memotong frame yang tidak diinginkan

Cara edit video di KineMaster yang selanjutnya adalah memotong frame yang tidak ingin Anda tampilkan. Apabila Anda merasa video yang Anda edit terlalu panjang maka Anda bisa memotong bagian video tersebut.

Apabila Anda ingin mengeditnya maka Anda bisa klik video yang ingin diedit hingga muncul frame berwarna kuning pada file video. Setelah klik maka pilih simbol Gunting yang terdapat pada sisi kanan atas seperti gambar berikut.

Kemudian perhatikan baik - baik dari opsi pemotongan yang akan Anda pilih. Anda bisa memperhatikan setiap detik video yang ingin Anda cut. Hal ini dikarenakan agar Anda nanti tidak kehilangan momen video yang ingin Anda edit.

Supaya Anda tidak bingung dalam pemotongan video ini maka Anda bisa menyimak ulasan kegunaan menu berikut :

·           Menu “Trim to left of playhead” digunakan untuk memotong video bagian kiri dari garis batas. Sedangkan pada sebelah kanan akan tersisa video yang tidak Anda potong.

·           Menu “Trim to right of playhead” digunakan untuk memotong video pada bagian  sebelah kanan garis. Sedangkan pada sebelah kiri garis akan tersisa video yang tidak Anda potong.

·           Menu “Split at playhead” digunakan untuk memotong tepat pada garis yang akan di crop.

·           Menu “Split and Insert Freeze Frame” digunakan untuk memotong video menjadi dua tepat pada garis crop. Sedangkan pada garis crop akan muncul new frame yang digunakan untuk memasukkan video baru.

Mengatur kecepatan video

Setelah melalui beberapa cara diatas maka langkah selanjutnya adalah mengatur kecepatan video. Dengan fitur yang disediakan ini Anda bisa mengatur baik mempercepat atau memperlambat video. Supaya Anda tidak bingung cara mengaturnya. Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini :

·           Langkah pertama Anda bisa tap video yang akan diatur tingkat kecepatannya.

·           Jika sudah klik menu “Speed”, menu satu ini memiliki simbol spedometer.

·           Kemudian Anda atur kecepatan vidionya.

Menambahkan teks

Langkah selanjutnya adalah menambahkan teks ke dalam video. Caranya klik menu “Layer” kemudian klik menu “Text'”. Kemudian tulis teks yang Anda inginkan dan tekan tombol 'OK'. Anda juga bisa mengaturnya baik dari segi warna, font atau style.

Menambahkan lagu

Tambahkan lagu yang Anda sukai dengan klik menu audio dan tap tanda Plus (+) untuk menambahkan lagu seperti tampilan gambar di bawah ini.

Export dan share video

Langkah terakhir adalah export dan share video Anda. Caranya klik ikon menu Export yang terdapat pada pojok kanan atas seperti gambar berikut lalu video Anda telah tersimpan di galeri dan siap diunggah ke media social.

Demikianlah ulasan mengenai cara edit video kinemaster yang mudah untuk Anda pelajari. Semoga membantu editing pertama Anda.