5 CARA AMPUH PROMOSI PRODUK MAKANAN

Tidak cukup kualitas yang bagus dan pengiriman yang cepat saja untuk bisa memenangkan persaingan di bidang makanan. Untuk bisa mempromosikan produk yang menarik pelanggan, anda harus tampil berbeda dari pesaing. Don't be a general, Be a unique. Jangan jadi seperti kebanyakan, tapi jadilah unik. Dengan menjadi unik maka anda akan menarik pelanggan yang membeli produk bukan hanya karena harga ataupun kualitas, tapi pelanggan yang membeli produk karena suka dengan nilai keunikan anda. Nah, pelanggan inilah yang nantinya akan menjadi pelanggan-pelanggan setia anda. Untuk menjadi unik bisa dimulai dengan cara mempromosikan produk. Dalam hal ini, makanan. Oke, kita langsung mulai. Cara mempromosikan produk. 5 cara ampuh promosi makanan.

Story telling

Yang pertama, Storytelling. Setiap produk punya kisah sendiri, kisah inilah yang menjadi pembeda dengan produk lain. Mulailah dengan menceritakan kisah dibalik kenapa produk makanan tersebut ada di dalam daftar menu anda. Seperti temen saya, temen saya ini kalo lagi jalan-jalan ke luar negeri sukanya icip-icip menu kuliner khas negara tersebut. Nah, jika ada yang enak maka sepulangnya ke Indonesia akan coba dibikin di Indonesia. Tapi ... diramu dengan bahan-bahan yang ada di Indonesia pastinya. Terus kalo ternyata sudah hasil racikannya enak, maka dikasih nama khusus dan dijadikan menu makanan di restorannya. Jadi teman-teman, di dalam setiap menu pasti ada kisah dibelakangnya. Nah, hal ini akan menjadi menarik kalo bisa anda ceritakan pada saat anda promosi. Pasti bikin orang jadi kepengen coba. Atau marmer cake yang anda jual ... adalah hasil dari pencarian dan percobaan berbagai macam resep marmer cake yang terkenal di seluruh dunia. Sampai nih, akhirnya anda berhasil mengkombinasikan resep-resep tersebut menjadi suatu ... resep marmer cake yang super yummy dan paling enak sedunia marmer cake. Dengan storytelling, maka branding anda pun ikut terbangun. Dan saya yakin banget setiap dari anda pasti punya kisah unik yang berbeda dari orang lain. Jadi, mulailah ceritakan kisah anda. Kemudian anda bisa posting di sosial media Facebook, Instagram, Youtube. Nah buat temen-temen yang pengin bangun bisnis di fanpage, bagaimana cara bikin fanpage yang menarik pelanggan.

Behind the scene

Yang kedua, behind the scene. Mungkin anda pernah datang ke toko roti ataupun ke restoran yang dapurnya kelihatan. Dan wanginya nyebar kemana-mana. Menurut anda nih, menggoda untuk mampir dan makan nggak di sana ? Yuk, kita survei. Kalau menurut anda menggoda, comment "YA". Kalau tidak menggoda, comment "TIDAK". Meletakkan pembuatan makanan di depan, ini adalah bentuk promosi yang paling ampuh ... yaitu behind the scene. Di social media anda pun bisa melakukan promosi behind the scene ini. Bentuknya bisa macem-macem, anda bisa mulai dari misalnya sesi pertama, bagaimana anda memilih bahan-bahan berkualitas untuk produk makanan anda. Kemudian di sesi berikutnya anda bisa menceritakan bagaimana anda mengolah bahan-bahan tersebut, menjadi produk makanan yang super yummy. Di sesi berikutnya lagi, anda bisa ceritakan bagaimana pengemasan yang dilakukan dengan sangat higienis.

Edukasi

Yang ketiga, berbagi ilmu atau edukasi. Sekarang ini bukan jamannya lagi pelit ilmu, karena hampir segalanya bisa ditanyakan pada mbah Google ataupun mbah Youtube. Peganglah suatu prinsip bahwa dengan anda berbagi banyak, maka anda akan menjadi semakin bahagia dan semakin sukses. Bisa berbagi ilmu atau edukasi ini, anda bisa ceritakan dalam bentuk storytelling. Misalnya, bagaimana cara membuat kue anti bantat untuk pemula. Atau bagaimana cara bikin sambel yang super pedes, super crunchy, dan super enak. Dengan berbagi ilmu maka orang-orang akan menjadi semakin kenal dengan anda, dan pada akhirnya mereka jadi tertarik, mereka follow anda dan branding anda naik, penjualan andapun akan meningkat.

Live di social media

Yang keempat, siaran live di social media. Tiga hal tadi akan sangat bagus banget kalau anda bisa membuatnya dalam bentuk video. Tapi nih kalau misalnya anda gaptek, gak ngerti cara editing, ataupun sibuk banget gak sempet bikin video. Ada cara yang sangat praktis, paling mudah dan langsung jadi ... yaitu live di social media. Sekarang banyak loh yang pada live di Instagram, di Facebook, di Youtube. Andapun harus mencoba.

Endors

Yang kelima, endors. Nah, jika anda punya dana lebih anda bisa endors artis-artis yang punya followers banyak. Tapi pastikan pada saat anda endors, pilihlah artis yang cocok, sesuai dengan produk anda. Sehingga dengan demikian brand andapun akan semakin terbangun. Yesss. Sekarang anda bisa mempromosikan produk dengan 5 cara ampuh promosi makanan. Yang pertama story telling, Kedua Behind the Scene, Edukasi, Live di Social Media, dan yang terakhir, Endors. Apakah diantara lima ini ada yang sudah diterapkan dalam bisnis anda ?