10 Cara Menjual Barang Melalui Medsos atau Instagram

Jualan online memang sudah tidak asing lagi di era modern ini, banyak UMKM yang menjual berbagai produk melalui jalur online. Yang sering jadi pertanyaan, bisa jualan online tapi gak punya barangnya? Jawabannya, bisa banget!! Bahkan keuntungannya bisa mencapai jutaan rupiah. Dari segi finansial, berjualan online memiliki banyak keuntungan. Selain lebih praktis karena bisa dilakukan di rumah, berjualan online tidak harus memiliki toko fisik untuk memajang barang atau produk.

Bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan, sistem penjualan online menjadi hal yang wajib diterapkan. Selain peluang keuntungan yang lebih besar, target penjualan juga akan melebar bahkan dalam skala nasional. Semakin maraknya jual beli online maka semakin besar pula peluang bagi siapa saja untuk menekuni pekerjaan ini sebagai usaha sampingan atau bahkan sebagai pekerjaan tetap dengan penghasilan yang menjanjikan.



Padahal, tanpa memiliki produk atau barang, seseorang sudah bisa berjualan secara online dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Nah, bagaimana bisa? Dengan sistem reseller atau dropship, semua orang bisa berjualan secara online tanpa harus memiliki produk atau barang.

Nah, bagi yang belum paham, berikut penjelasan singkat tentang berjualan dengan sistem dropshipping. Pola bisnis dengan sistem dropshipping menjadi salah satu alternatif berjualan online tanpa harus memiliki barang atau produk, bahkan solusi terbaik bagi para pebisnis yang memiliki modal terbatas.

Kebanyakan orang tidak bisa lepas dari smartphone, mengingat saat ini banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan smartphone. Mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, berbagi foto atau video di jejaring sosial, hingga dijadikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya, Bisnis Online Melalui Instagram yang saat ini sedang hits. Saat ini, Instagram merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga menjadi peluang untuk memasarkan suatu produk melalui media ini, caranya cukup mudah dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk mempromosikan produk melalui Instagram, Anda harus mengetahui cara ampuh untuk berjualan di Instagram agar pesanan kebanjiran. Tidak perlu repot, ikuti saja penjelasannya di bawah ini:

1. Buat akun khusus untuk penjualan produk

Agar pesanan membanjiri, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan akun khusus penjualan produk di Instagram.

Jangan sampai akun pribadi dan akun penjualan Anda digabung menjadi satu. Karena sangat tidak efisien, serta tidak profesional.

Saat memilih nama untuk akun jualan, gunakan nama dengan kata kunci yang paling mudah dan sesuai dengan yang Anda jual. Kata kunci ini juga berfungsi untuk membuat akun Anda mudah diingat, dan mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Misalnya jika Anda menjual kosmetik, maka buatlah dengan nama yang mudah dan mengandung kata kunci tersebut. Seperti @kosmetikmurahsalatiga, @geraikosmetikjateng, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Foto yang Bagus

Yang kedua adalah menggunakan foto yang bagus dan menarik, karena penjualan online yang paling terpercaya adalah foto. Jika Anda mengunggah foto yang tidak menarik, pelanggan bahkan tidak akan melirik barang dagangan Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan foto merchandise yang akan Anda gunakan, pastikan Anda memotret dengan background dan lighting yang baik. Ini menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Selain itu, sebelum mengunggah foto Anda juga bisa mengeditnya terlebih dahulu. Gunakan efek yang tepat untuk gambar Anda, Anda juga dapat menambahkan bingkai agar terlihat lebih menarik.

3. Kumpulkan followers sebanyak-banyaknya

Pengikut adalah pengikut di Instagram, pengikut juga akan melihat apa yang Anda posting di akun Instagram. Jika Anda ingin barang dagangan Anda laris manis, maka Anda harus memiliki banyak pengikut.

Ada banyak cara untuk mendapatkan pengikut di Instagram, pertama Anda bisa mempromosikan akun Instagram Anda melalui akun media sosial lainnya. Misalnya di Facebook, WhatsApp, line.

Anda juga dapat meminta teman dan keluarga untuk membantu mempromosikan akun Instagram Anda. Dengan mempromosikannya di akun media sosial mereka, jumlah pengikut Anda akan meningkat.

Yang kedua beli followers, sekarang ada juga yang jual jasa followers. Anda dapat menggunakan ini untuk meningkatkan jumlah pengikut, tetapi Anda tidak boleh membeli terlalu banyak pengikut.

4. Ulasan Produk

Tips jualan di instagram membanjiri order, dengan review produk. Review produk untuk menjelaskan produk yang Anda jual, bisa melalui video.

Gunakan kata-kata yang baik, misalnya apa kegunaan produk, produk itu terbuat dari apa. Jangan lupa juga saat mengambil video, pastikan menggunakan background yang bagus.

Agar produk Anda terlihat lebih cantik, sehingga pelanggan akan semakin penasaran dan tertarik dengan produk yang Anda pasarkan.

5. Gunakan hashtag

Saat foto yang Anda unggah mendapat banyak likes, foto tersebut akan sering ditampilkan di timeline Instagram. Untuk mendapatkan jumlah suka yang banyak, Anda bisa menggunakan hashtag.

Jangan lupa sertakan hashtag di setiap postingan kamu, hashtag juga memudahkan kamu dalam mencari produk yang kamu jual.

6. Jelaskan produk secara detail

Saat Anda mengunggah foto produk Anda, Anda harus menyertakan detail produk di keterangan. Dengan menjelaskan secara detail, pelanggan akan lebih mengetahui produk apa saja yang dijual di akun ini.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian fashion. Kemudian sertakan ukuran, bahan, pilihan warna, dan harga. Dengan deskripsi produk yang lengkap, pelanggan akan lebih percaya diri untuk membeli produk tersebut.

7. Sertakan Testimonial Pelanggan

Untuk lebih meyakinkan pelanggan, Anda bisa mengunggah testimoni dari pelanggan sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap penjual.

Testimonial bisa dalam bentuk percakapan teks, atau foto pelanggan dengan barang dagangan Anda yang telah mereka beli. Yang menggambarkan bahwa pelanggan puas dengan produk yang Anda jual.

8. Perluas Promosi

Promosi bertujuan agar produk anda lebih dikenal luas, dengan promosi anda juga dapat menambah followers.

Biasanya promosi dilakukan dengan cara endorsement, seperti halnya iklan berbayar di layanan Instagram. Kedua promosi ini memang harus mengeluarkan sejumlah uang, tapi itulah triknya agar produk Anda bisa dilirik lebih banyak orang.

9. Dapatkan Diskon

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon, cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian pelanggan. Adakan diskon seminggu sekali, atau jika ada acara tertentu seperti diskon di Hari Kemerdekaan.

Tips seperti itu akan meningkatkan penjualan produk Anda, dan dapat meningkatkan jumlah pengikut Anda.

10. Selalu Bersikap Ramah dan Sopan Kepada Pelanggan

Melayani pelanggan dengan ramah, menjawab setiap pertanyaan pelanggan secara detail. Dengan begitu, akan terjalin kedekatan antara penjual dan pembeli, tujuannya agar pelanggan merasa nyaman saat membeli produk yang Anda jual.

Jika pelanggan puas dan senang, Anda pasti akan digunakan sebagai pelanggan. Bahkan pelanggan akan mempromosikan produk Anda kepada keluarga atau kerabatnya, karena mereka merasa dilayani dengan baik. Semoga bermanfaat yah