Produktif Tanpa Bermain Game Online Secara Berlebihan

Bermain game online merupakan aktivitas yang menyenangkan jika dilakukan di waktu senggang bahkan diantaranya hingga ada yang kecanduan bermain game online.

image : pixabay


Rasa candu terhadap game online ini dapat dialami oleh siapa saja, entah itu anak-anak, remaja bahkan hingga orang dewasa pun tak luput dari kecanduan bermain game online.

Bermain game online yang seharusnya menjadi hal yang menyenangkan akan berbanding terbalik jika dilakukan secara berlebihan dan tentu akan berdampak buruk terhadap penderitanya.

Ciri-ciri Jika Kita Kecanduan Game Online

Lantas, apa saja sih ciri-ciri yang bisa kita deteksi untuk gejala dari kecanduan game online ini? Berikut adalah beberapa ciri umum dari kecanduan game online.

1. Ingin Bermain Game Setiap Waktu

Ciri yang pertama dapat kita kenali dengan mengamati seberapa banyak frekuensi kita bermain game online. Ketika saya pribadi kecanduan game online, setiap waktu bahkan bermain hingga lebih dari 10x dalam sehari.

Ini yang terjadi pada saya, belum yang terjadi pada orang lain dalam sehari mereka mungkin saja bisa bermain game online lebih dari 10x seperti yang saya alami.

2. Menghamburkan Uang untuk Top Up

Salah satu ciri ini pasti pernah kalian lakukan. Sudah berapa kali Anda melakukan top up hanya untuk skin?

Banyak di antara mereka yang menghamburkan uang banyak hanya demi skin legend dari game yang mereka mainkan tanpa memikirkan kebutuhan utama mereka.

Apabila game tersebut bangkrut lalu apa yang akan kita dapatkan setelah sekian banyak menghamburkan uang untuk top up?

3. Menghabiskan Waktu Hanya untuk Game

Jika sudah kecanduan game online parah, sebagian aktivitas sehari-hari lebih banyak dihabiskan untuk bermain game online bahkan sampai sering begadang sampai pagi.

Hingga aktivitas lain yang lebih penting seperti sekolah, mandi, makan dan sebagainya lebih sering terabaikan.

Tips Sederhana Atasi Kecanduan Game Online

Nah, bagi Anda yang ingin berhenti bermain game online agar menjadi pribadi yang lebih produktif dalam beraktivitas maka Anda dapat mencoba beberpa tips berikut ini.

image : pixabay


1. Membatasi Bermain Game Online

Tips pertama yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi gejala kecanduan game online adalah dengan membatasi waktu bermain game online Anda setiap harinya.

Jika sebelumnya Anda dalam sehari bermain game online setiap saat mampu selama 3 jam non-stop maka hal kecil yang Anda lakukan adalah membatasi 2 jam sehari, 1 jam sehari hingga benar-benar bisa berhenti.

Tips berhenti bermain game online ini ampuh saya lakukan hingga saya rasa sekarang sudah bisa menjadi pribadi yang lebih produktif dari sebelumnya.

2. Cari Hobi Baru

Tips yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan cara mencari hobi baru yang sekiranya mudah untuk kita lakukan.

Karena hobi saya menulis dan coding pemrograman maka tips ini tidaklah sulit untuk saya lakukan demi bisa berhenti bermain game online.

Lalu, jika Anda ingin produktif tanpa game maka sekarang hobimu apa? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

3. Berhenti Top Up

Salah satu faktor kita bisa kecanduan game online ya karena kita sering top up di dalam game. Karena dengan top up maka kita akan sedikit diprioritaskan.

Misal dengan top up kita mendapatkan skin menarik, damage yang sedikit lebih besar dan berbagai fasilitas menarik yang bisa kita dapatkan.

Jika Anda memang ingin produktif maka berhentilah top up dan lebih baik menggunakan uang tersebut untuk hal lebih berguna.

Penutup

Beberapa tips di atas adalah tips umum yang dilakukan sebagian besar orang untuk berhenti bermain game online. Setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing.

Demikian artikel pada kesempatan kali ini dan semoga tips lebih produktif tanpa bermain game online ini dapat bermanfaat.