Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Keamanan Akun Google yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sebelumnya kami pernah menulis tentang keamanan data smartphone Android anda. Tentu tak lengkap jika tanpa membahas tips mengamankan akun Google yang merupakan akun utama penggunaan OS Android. Bagi para pengguna akun Google, memeriksa keamanan akun anda secara rutin merupakan kegiatan mutlak yang tidak boleh dilewatkan.

image : pexels



Terlebih jika Anda banyak menyimpan informasi baik riwayat pencarian, koneksi ke layanan pihak ketiga, dan berbagai informasi penting yang Anda gunakan dengan akun Google.

Pemeriksaan Keamanan Akun Google

Seperti yang kita ketahui, Google memiliki fitur bawaan yang cukup kuat bahkan sulit untuk ditembus oleh cracker sekalipun jika kita manfaatkan pengamanan akun Google secara maksimal.

Tips Keamanan Akun Google yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat melakukan pemeriksaan akun Google secara lebih mendalam. Kita dapat memulai memeriksa perangkat yang tersimpan hingga kata sandi yang tersimpan di akun Google.

Tips Pengaturan Keamanan Akun Google

Berikut ini adalah beberapa kiat menambah keamanan akun Google Anda sehingga keamanan akun yang Anda miliki menjadi lebih sehat.

1. Periksa Verifikasi Dua Langkah Akun Google

Fasilitas keamanan yang paling krusial yang ditawarkan oleh Google adalah fitur verifikasi dua langkah. Anda wajib mengaktifkan fasilitas keamanan ini.

Hal ini penting karena rasio akun Google terbobol menjadi lebih kecil. Karena jika cracker mengetahui kata sandi Anda pun, Google akan melakukan pencegahan berdasarkan verifikasi dua langkah ini.

Anda dapat mengaktifkan beberapa metode verifikasi akun Google yang tersedia. Baik itu melaui Google Authenticator, kode backup, hingga metode sms.

Saran terbaiknya adalah kita setidaknya kita mengaktifkan satu atau semua metode verifikasi akun Google yang tersedia.

2. Periksa Email dan Nomor Telepon Pemulihan Akun Google

Kiat berikutnya adalah kita bisa memeriksa keamanan email dan nomor telepon pemulihan yang tertaut akun Google.

Google akan melakukan tindakan pencegahan selama 7 hari jika terindikasi perubahan nomor telepon maupun email pemulihan yang diganti baik secara tidak sengaja maupun disengaja.

Fungsi dari email dan nomor telepon pemulihan akun Google tidak lain adalah untuk menerima notifikasi terkait keamanan akun Google Anda.

Disarankan agar Anda selalu memperbarui email dan nomor telepon pemulihan Anda. Khususnya jika email dan nomor telepon pemulihan sudah tidak aktif.

Hal ini berguna jika suatu saat akun Google Anda terkena pemblokiran sementara maka akun Anda masih bisa dipulihkan. Karena memang untuk memulihkan, Google akan meminta informasi email dan nomor pemulihan.

3. Periksa Izin Akses Aplikasi & Web Akun Google

Memeriksa izin akses aplikasi & web yang tertaut dengan akun Google Anda merupakan pilihan tepat. Jika memang akun yang tertaut di akun Google sudah tidak aktif maka cara terbaiknya adalah dengan menghapusnya.

Aplikasi & web pihak ketiga yang memiliki akses ke akun Google Anda memiliki beberapa akses informasi akun Google Anda.

Maka dari itu, jika aplikasi & web sudah tidak aktif maka sangat disarankan agar Anda menghapusnya karena memang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jika suatu saat layanan pihak ketiga tersebut aktif kembali dan Anda ingin masuk kembali maka kita dapat dengan mudah masuk kembali menggunakan akun Google yang kita  miliki.

Penutup

Nah itulah 3 tips keamanan akun Google yang tidak boleh untuk dilewatkan meskipun Google sudah memberikan jaminan keamanan yang terbaik di kelasnya untuk Anda.

Dengan rajin memeriksa secara rutin keamanan akun Google, Anda dapat lebih menambah rasa keamanan beraktivitas secara online terutama menggunakan produk Google.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "3 Tips Keamanan Akun Google yang Tidak Boleh Dilewatkan"