Berapa Biaya Membuat Blog Seperti afidbara.com?

Afidbara.com - Berapakah biaya bikin blog premium di Blogger? Penyedia layanan blog gratis berekstensi Blogspot atau yang lebih dikenal Blogger.com merupakan salah satu platform blogging paling banyak digunakan di dunia.

image : pixabay

Kepopuleran Blogger tidak mengherankan lagi karena memang infrastruktur servernya didukung langsung oleh Google sebagai pemilik sah dari Blogger.

Bagaimana Cara Buat Blog Di Blogger?

Jika Anda ingin membuat blog di Blogger maka Anda cukup mengakses situs https://blogger.com dan kemudian login menggunakan akun Google Anda.

Maka, secara otomatis Anda memiliki akun Blogger tanpa perlu sewa hosting. Selanjutnya Anda cukup mengisi judul blog dan alamat blog maka selesai sudah.

Mengapa sederhana sekali membuat akun Blogger? Memang, Blogger terkenal dengan kelebihannya yaitu dapat membuat blog dengan sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Pilih Blogger atau WordPress yang Terbaik?

Blogger dan WordpPress merupakan dua platform blog yang berbeda. Blogger bisa kita pakai bahkan tanpa mengeluarkan sedikit pun biaya.

 
Blogger versi mobile

Sedangkan WordPress terdiri dari WordPress.com dan WordPress.org bedanya apa?

WordPress.com itu versi gratis yang siap pakai yang hampir sama  dengan Blogger dan WordPress.org merupakan versi yang harus diinstall terlebih dahulu di hosting.

Jadi, manakah yang terbaik antara Blogger dan WordPress?

Silahkan sesuaikan saja menurut selera masing-masing. Jika Anda berfokus hanya membuat tulisan melalui blog maka Blogger lebih cocok  untuk Anda.

Jika ingin lebih sekedar dari menulis maka menggunakan WordPress Self Hosted merupakan pilihan tepat bagi Anda.

 image : wordpress



Berapa Biaya Membuat Blog Seperti afidbara.com

Blog afidbara.com saya buat menggunakan layanan platform Blogger. Kenapa ada biayanya sih katanya Blogger itu gratis?

Ya memang betul gratis, tetapi jika ingin blog Anda terlihat berbeda dari yang lain dan terlihat profesional maka Anda harus sedikit mengeluarkan uang tambahan.

Berikut adalah rincian biaya membuat blog seperti afidbara.com.

1. Membeli Domain

Agar terlihat profesional, disarankan Anda menggunakan domain berbayar seperti .com, .net, .org dan lain sebagainya.

Harga domain saat ini cukup terjangkau harganya bahkan ada yang ditawarkan mulai dari Rp10.000 per tahun.

Blog saya ini menggunakan domain berakhiran .com yang resmi terdaftar pada 08 Agustus 2021 dengan masa aktif 4 tahun. harga sewa saya adalah Rp580.000 sudah termasuk whois protected.

Jika Anda ingin membeli domain pertahun maka Anda bisa mendapatkannya di Rumahweb dengan harga Rp159.000 + whois protected per tahun.

Disarankan jika Anda memang serius membangun blog maka sewalah domain langsung 3 tahun ke atas agar kita tenang dan fokus membuat konten.

2. Template Blog

Blog yang sedang Anda akses ini 100% menggunakan template blog buatan mas sugeng bernama VioMagz.

Dari segi fitur yang ditawarkan, VioMagz hampir mengambil semua yang terbaik dari template EvoMagz yang cukup fenomenal.

Berapa harga template VioMagz originalnya? Harga yang ditawarkan cukup murah yakni Rp215.000 tanpa biaya langganan.

Kok mahal? Menurut saya tidak mahal. Mengingat banyak sekali fitur yang kita dapatkan dari salah satu template blogger premium terbaik di Indonesia ini.

Sudah banyak sekali yang membuktikan kelebihan template blogger VioMagz ini, termasuk saya yang sangat tertarik untuk memilikinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang template VioMagz ini, silahkan Anda dapat mengunjungi situs resminya di Sugeng.id

Penutup

Secara keseluruhan, biaya membuat blog premium di Blogger cukup membeli domain dan template premium Indonesia terbaik.

Biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak, untuk blog ini saja hanya mengeluarkan biaya pembuatan senilai Rp795.000 tanpa memikirkan biaya sewa hosting dan biaya lainnya.

Biaya yang saya keluarkan tersebut sudah termasuk domain .com dengan masa aktif 4 tahun dan template VioMagz.

Jadi, bagaimana dengan Anda? Pilih Blogger atau WordPress self hosted untuk layanan blogging Anda? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.