Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Baterai Ponsel Awet? Begini Cara Isi Daya Baterai yang Benar

Penyebab Baterai HP Boros

Kita semua mengetahui bahwa baterai pada ponsel adalah salah satu komponen yang paling penting keberadaannya. Tanpa komponen ini maka apalah arti dari sebuah ponsel bukan?

Oleh karena itu, banyak dari pengguna ponsel yang mencari berbagai cara agar baterai tidak boros dan cepat panas saat digunakan.

image : pexels

baterai

Cara Mengatasi Baterai Boros

Bagi Anda yang memiliki masalah baterai cepat sekali habis dari biasanya, berikut ini saya telah merangkum beberapa cara mengatasi baterai boros dengan mudah.

1. Mematikan Aplikasi Berjalan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa aplikasi berjalan secara rutin. Aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi daya seperti Facebook, dan aplikasi berat lainnya.

Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy M21 misalnya, Anda dapat memeriksa aplikasi berjalan pada menu Pengaturan > Aplikasi.

Bagi pengguna ponsel yang lain, silahkan sesuaikan saja dengan pengaturan ponsel masing-masing. Saya yakin pasti tidak akan jauh berbeda.

2. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Meskipun fitur ini sangat berguna seperti menerima notifikasi email secara real time, nyata fitur ini merupakan fitur penyumbang paling banyak mengkonsumsi baterai.

Karena sifat dari sinkronisasi yang berjalan di belakang layar maka fitur ini dapat memicu borosnya penggunaan baterai pada ponsel Anda.

Jadi, jika Anda tidak menggunakan fitur ini pastikan Anda selalu mematikan fitur sinkronisasi ini dan pastikan hanya digunakan dalam kondisi tertentu saja.

3. Mematikan GPS

Selain sinkronisasi otomatis yang dapat mengkonsumsi baterai yang cukup banyak, fitur selanjutnya yang juga paling menguras baterai adalah GPS.

Ya, fitur GPS ini biasanya sering diaktifkan bersamaan dengan sinkronisasi otomatis pada ponsel. Parahnya lagi tingkat akurasi lokasi GPS diatur ke yang paling akurat.

Jika GPS dan sinkronisasi diaktifkan secara bersamaan maka sudah pasti baterai ponsel Anda akan cepat habis.

Solusinya adalah mematikan kedua fitur tersebut jika memang tidak benar-benar digunakan dalam jangka waktu yang lama.

*

Intinya itulah beberapa penyebab baterai HP boros. Pastikan gunakanlah fitur di ponsel dengan bijak dan matikanlah fitur tersebut jika tidak digunakan.

Dengan melakukan hal tersebut maka Anda turut serta merawat umur agar awet dan tahan lama. Mengingat sekali baterai ponsel tipe baterai tanam rusak maka kita juga yang repot bukan?


Solusi dan Cara Isi Daya Baterai Ponsel yang baik dan Benar 

Baterai pada smartphone merupakan komponen yang paling krusial yang wajib kita rawat dengan baik dan benar.

image : pixabay

baterai ponsel awet


Terlebih lagi, pada saat ini kebanyakan baterai smartphone merupakan jenis baterai tanam. Otomatis apabila kita ingin ganti baterai baru akan sedikit kerepotan.

Seiring berjalannya waktu, baterai smartphone akan mengalami penurunan performa daya pakai. Terutama 2 tahun pertama penggunaan smartphone Anda.

Daya tahan baterai akan cepat habis jika digunakan dalam mobilitas yang tinggi. Semakin cepat dan sering Anda mengisi daya baterai smartphone maka semakin cepat pula penurunan daya tahan baterai Anda.

Sehingga dalam sehari mungkin Anda akan sedikit lebih banyak mengisi daya baterai 2 - 3 kali sehari. Apakah ini normal?

Cara Isi Daya Baterai Smarphone yang Baik dan Benar

Sebelum Anda berencana mengganti baterai ponsel, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu mengikuti beberapa kita-kiat ampuh mengisi daya smartphone agar cepat dan bertahan lama berikut.

1. Paksa Henti Aplikasi Background

Kiat pertama yang mungkin Anda coba adalah dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara paksa di latar belakang.

Cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Android saat mengisi daya baterai cukup mudah.

Anda dapat membuka pengaturan dan lihatlah aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang.

2. Gunakan Charger Original

Segala sesuatu yang original itu 100% memiliki manfaat yang baik pula, termasuk untuk urusan charger smartphone Anda.

Menggunakan charger KW selain dapat merusak smartphone juga dapat merusak baterai Anda. Selain itu, hal parahnya dapat menyebabkan ledakan.

Mengapa bisa demikian? Karena arus listrik pada charger KW dan original itu jauh sekali berbeda. Pada charger original sudah pasti arus listrik sudah diatur sedemikian rupa sehingga stabil untuk digunakan.

3. Mematikan Smartphone Saat di Charger

Kiat terakhir ini merupakan kiat yang paling ampuh dan aman Anda lakukan saat mengisi daya baterai pada smartphone.

Kelebihannya adalah smartphone kita akan benar-benar dalam kondisi beristirahat dan smartphone pun tidak akan panas.

image : pixabay


Selain tiga kiat cara mengisi daya baterai yang baik dan benar di atas, pastikan Anda selalu mengecas di kisaran 10%-25%.

Jangan sampai Anda mengecas baterai dikisaran 0% karena itu akan menimbulkan panas baterai yang berlebih saat di charger.

Dengan mengecas di rentang 10%-25%, baterai Anda akan awet sampai 2-3 tahun penggunaan pertama smartphone Anda.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "Ingin Baterai Ponsel Awet? Begini Cara Isi Daya Baterai yang Benar"