Cara Memperbaiki Touch Screen yang Tidak Bisa Disentuh

Afid Arifin - Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh, sebagai pengguna HP terutama Android sebagian dari kita pasti pernah mengalami hal di mana layar HP tidak bisa disentuh dan tidak responsive saat kita gunakan.

image : pexels

hp touchscreen


Layar sentuh atau yang biasa disebut dengan touchscreen merupakan komponen utama pada sebuah HP, tidak terkecuali pada HP Android.

Meskipun layar sentuh yang sudah retak atau rusak sekalipun dalam beberapa kondisi masih bisa digunakan, kita tetap harus menggunakannya dengan hati-hati agar layar HP tetap awet.

Cara Mengatasi Touch Screen Tidak Bisa Disentuh

Berikut adalah beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh serta cara memperbaikinya.

1. Layar HP Kotor

Penyebab utama layar HP tidak bisa disentuh karena disebabkan layar yang kotor. Kontaminasi kotoran seperti debu bisa membuat layar HP tidak bisa bergerak saat disentuh.

Untuk mengatasi layar HP tidak bisa disentuh karena kotor, Anda dapat membersihkan layar HP Anda dengan cara mengelap layar secara perlahan menggunakan kain lembut.

2. Penggunaan RAM Terlalu Besar

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh bisa juga karena faktor HP itu sendiri seperti penggunaan RAM yang terlalu besar.

Penggunaan RAM yang terlalu besar pada HP tentu berdampak pada performa HP itu sendiri, terutama pada performa layar yang akan terkesan macet-macet saat digunakan.

Solusi permasalahan ini adalah dengan cara membersihkan aplikasi yang terlalu banyak memakan penggunaan RAM.

3. Layar HP Terkena Air

Percikan air yang mengenai layar HP juga bisa menjadi penyebab layar HP tidak bisa disentuh dengan normal saat digunakan.

Saat layar HP dalam kondisi terkena percikan air, ketika layar disentuh akan memberikan response yang tidak sesuai dengan yang kita geser dan gerakan.

Jika demikian,  Anda sebenarnya cukup melakukan pengelapan secara perlahan seperti yang telah saya jelaskan pada poin pertama di atas.

Penutup

Nah, itulah beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Demikian informasi pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk Anda.