3 Metode Paling Umum untuk Memindahkan File dari Ponsel ke Laptop

Afid Arifin - Cara Pindahkan File dari Ponsel ke Laptop | Semakin berkembangnya teknologi banyak sekali metode atau cara yang dapat kita gunakan untuk mentransfer file dari ponsel ke laptop dengan mudah.

image : pexels-pixabay

transfer file

file ponsel ke laptop

Oleh karena itu, saya telah memberikan beberapa ulasan metode yang bisa gunakan untuk mentransfer file dari ponsel ke laptop.

Beberapa cara yang umum digunakan adalah dengan beberapa metode berikut ini.

  1. Menggunakan Kabel Data (USB).
  2. Menggunakan Bluetooth.
  3. Menggunakan File Transfer Protokol (FTP).

Cara Memindahkan File Ponsel Ke Laptop

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer atau memindahkan file ponsel Anda ke laptop dengan mudah.

1. Menggunakan Kabel Data (USB)

Metode yang paling umum digunakan untuk memindahkan file dari ponsel ke laptop adalah dengan menggunakan fasilitas kabel data atau USB.

Kabel data biasanya ditemukan pada kabel bawaan charger ponsel Anda. Memindahkan file ponsel dengan kabel data tergolong mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

Agar proses pemindahan lebih cepat maka disarankan agar menggunakan kabel data berjenis USB 3.0 ke atas.

2. Menggunakan Bluetooth

Metode kedua yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan fasilitas bluetooth yang tersedia pada tiap-tiap perangkat.

Pemindahan file dari ponsel ke laptop menggunakan cara ini lebih direkomendasikan jika ukuran dan jumlah file yang dipindahkan tidak terlalu besar.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap seberapa besar dan cepat proses pemindahan akan berlangsung.

3. Menggunakan File Transfer Protokol (FTP)

Metode terakhir yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan teknologi file transfer protokol.

Ada banyak sekali aplikasi ftp server yang tersedia di Android. Baik yang berbayar dengan kinerja cepat dan gratis dengan kinerja yang standar.

Dengan menggunakan ftp server ini kita hanya perlu memanggil alamat IP yang diberikan melalui browser di laptop lalu mendownload tanpa perlu internet.

Penutup

Selain tiga metode di atas, tentu masih banyak lagi cara untuk memindahkan file dari ponsel ke laptop dengan mudah.

Meskipun banyak cara, akan tetapi prosesnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan khususnya bagi para pemula dalam hal ini.