Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Verifikasi Tambahan di Google Activity

Afid Arifin - Cara Aktifkan Verifikasi Google Activity | Apa itu Google Activity? Google Activity merupakan salah satu fitur bawaan akun Google di mana seluruh riwayat aktivitas yang kita lakukan akan muncul di sini.


Dari fitur ini pula Google akan lebih mengenal diri Anda daripada diri Anda sendiri. Akan tetapi, apakah Google melanggar privasi kita?

Tentu tidak melanggar privasi kita, Google akan selalu menjaga keamanan privasi kita dan selalu berkomitmen tidak akan menjual informasi pribadi ke siapa pun.

Apa Itu Google Activity?

Seperti yang telah dijelaskan diawal, Google Activity merupakan tempat di mana kita bisa melihat seluruh aktivitas yang telah kita lakukan dengan akun Google kita.

Dari fitur ini, kita bisa melacak berbagai hal yang telah kita lakukan mulai dari mengunjungi web, menonton video YouTube, riwayat pencarian Google dan masih banyak lagi.

Tidak perlu khawatir, pihak Google sendiri telah menyediakan fasilitas penghapusan aktivitas akun Google kita. Baik penghapusan otomatis yang bisa dipilih mulai dari 3 bulan hingga 36 bulan hingga menghapus secara manual.

Aktivitas Apa Saja yang Direkam Google Activity?

Aktivitas yang direkam oleh Google Activity meliputi aktivitas web dan aplikasi, histori atau riwayat lokasi kita dan terakhir adalah histori YouTube.

Mengaktifkan Verifikasi Tambahan di Google Activity

Bagi Anda yang tidak berencana menghapus riwayat akun Google, Anda dapat mengaktifkan fitur tambahan berupa verifikasi tambahan sebelum mengakses riwayat akun Anda.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan verifikasi tambahan pada Google Activity dengan mudah.

  • Silahkan Anda klik di sini.
  • Kemudian klik tombol Kelola Verifkasi Aktivitas Saya.
  • Jika sudah diklik maka akan muncul pop up seperti berikut.

Mengaktifkan Verifikasi Tambahan di Google Activity

  • Pilih atau centang tombol verifikasi tambahan.
  • Selesai.

Dengan mengaktifkan verifikasi tambahan maka orang lain tidak akan bisa mengakses riwayat Google Activity Anda karena jika ingin mengakses harus verifikasi terlebih dahulu. Baik dengan sidik jari maupun password.

Kesimpulan

Tujuan Google mengumpulkan riwayat kita adalah untuk personalisasi dan kenyamanan kita sendiri saat menggunakan layanan Google.

Seperti misalnya ketika kita melihat iklan, maka dipastikan iklan yang tampil tidak akan jauh dengan yang kita pernah jelajahi pada website terentu.

Demikian ulasan tentang cara mengaktifkan verifikasi tambahan di Google Activity. Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tinggalkan balasan Anda sebagai bentuk tanggapan Anda mengenai artikel kami.

Afid Arifin
Afid Arifin Saya hanyalah seorang pecinta dunia astronomi dan komputer

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Verifikasi Tambahan di Google Activity"