Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Layanan Gmail

Afid Arifin - Ketahui 5 Kelebihan dan Kekurangan dari Layanan Gmail, Gmail merupakan salah satu layanan email paling populer di dunia untuk saat ini.

aplikasi gmail

Karena tampilan Gmail yang menarik dan mudah untuk dioperasikan, sehingga untuk pemula yang baru akan mencoba Gmail tidak akan kesulitan menggunakannya.

Kelebihan dari Layanan Gmail

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Gmail yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan layanan Gmail.

1. Gmail 100% Gratis

Pada dasarnya Gmail memiliki dua versi layanan email gratis dan berbayar. Mengapa Gmail tersedia dalam dua versi yang berbeda?

Gmail versi gratis 100% hanya digunakan untuk kebutuhan personal, sedangkan Gmail versi berbayar ditujukan untuk kebutuhan bisnis yang dilengkapi dengan domain kustom.

Meskipun demikian, perbedaan Gmail gratis vs Gmail berbayar tidak jauh berbeda kok fitur dan layanannya. Paling yang membedakan adalah tidak adanya iklan untuk Gmail berbayar.

2. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kapasitas penyimpanan 15GB yang ditawarkan bisa dibilang paling besar dibandingkan pesaingnya seperti Outlook yang hanya menawarkan kapasitas 5GB.

Kapasitas 15GB dapat digunakan bersama dalam satu akun Google seperti untuk Google Photos, Google Dokumen, Google Drive dan layanan Google lainnya.

3. Satu Akun Gmail untuk Semua Layanan Google

Jika Anda membuat dan menggunakan layanan Gmail, begitu Anda membuatnya maka akun Gmail Anda dapat digunakan untuk semua produk Google yang tersedia.

Untuk mengetahui apa saja produk Google yang tersedia, silahkan Anda dapat mengeceknya di sini. Karena hal inilah, kita hanya tinggal login saja menggunakan akun Gmail kita tanpa perlu daftar lagi.

4. Filter Spam 99% Kuat

Jika Anda mengutamakan email yang bebas spam, maka Gmail mampu memeberikan jaminan fitur filter spam yang paling kuat. Bahkan mampu memblokir 99% email spam berbahaya sekalipun.

Karena kecanggihan filter spam yang ditawarkan oleh Gmail ini, terkadang email yang seharusnya tidak masuk ke folder spam malah juga terkena filter ini.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memeriksa folder spam Gmail secara rutin untuk memastikan apakah Anda email penting yang masuk ke sana.

5. Notifikasi Real Time

Fitur unggulan yang ditawarkan Gmail adalah tersedianya fitur real time notifikasi. Begitu ada email masuk ke Anda maka seketika itu juga Anda akan menerima email tanpa melewatkannya.

Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengatur nada dering Gmail sesuka Anda baik melalui komputer maupun aplikasi Gmail Android.


Kekurangan dari Layanan Gmail

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dari Gmail, berikut ini adalah ulasan mengenai kekurangan dari Gmail yang wajib Anda ketahui.

1. Terdapat Iklan pada Gmail

Seperti yang telah dijelaskna pada poin pertama di atas, untuk versi Gmail gratis memang terdapat iklan yang bagi sebagian orang cukup mengganggu.

Mengapa iklan di Gmail mengganggu? Salah satu alasan masuk akalnya karena iklan tersebut ditempat di paling atas pada kotak masuk Gmail Anda.

Karena hal inilah, bagi sebagian orang isi email kita discan Gmail untuk tujuan iklan. Tapi, Google sendiri berani menjamin kerahasian isi email Anda dan tidak akan pernah memindai email Anda.

2. Filter Spam Gmail

Meskipun Gmail memberikan 99% filter spam yang tangguh, namun nyatanya email yang seharusnya tidak masuk ke spam malah terkena filter spam ini.

Bahkan tak jarang, email yang kita terima dari layanan Google pun masuk ke spam. Padahal notabennya sama-sama produk Google.

Maka dari itu, saya sarankan agar Anda selalu memeriksa folder spam Gmail Anda agar email penting yang masuk ke sini bisa Anda ketahui.

Penutup

Meskipun Gmail memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya, namun kepopuleran Gmail saat ini tidak pernah luntur sekalipun.

Terlebih, aplikasi Gmail secara default sudah tertanam di smartphone Android. Jadi, mau tidak mau kita harus menggunakan salah satu layanan Google ini.

Demikian informasi pada kesempatan kali, semoga apa yang saya bagikan mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan Gmail ini dapat bermanfaat untuk Anda.